Logo Bloomberg Technoz

Memecoin dan NFT Bikin Penambang Bitcoin Pening

News
22 May 2023 13:40

Ilustrasi perdagangan NFT dan memecoin pada jaringan Blockchain Bitcoin. (dok Bloomberg)
Ilustrasi perdagangan NFT dan memecoin pada jaringan Blockchain Bitcoin. (dok Bloomberg)

Sidhartha Shukla dan David Pan - Bloomberg News 

Bloomberg, Gejolak harga memecoin dan token nonfungible atau NFT pada blockchain Bitcoin membuat perubahan bagi para penambang dalam menghasilkan pendapatan. Hal ini sekaligus membuat sejumlah pihak bertanya berapa lama gejolak ini akan berlangsung.

Sebuah software Ordinals menjadi pembuka jalan bagi NFT dan token meme untuk masuk pada jaringan di tahun ini. Galaxy Digital Holdings Ltd. mengatakan bahwa ekosistem NFT Bitcoin diperkirakan akan mencapai US$4,5 miliar pada tahun 2025. Sementara memecoin yang muncul Maret lalu, akan berjumlah 25.000 di blockchain pada medio yang sama.

Memetoken dan NFT yang mendadak hype membuat sumber pemasukan baru baru para penambang, yang biasanya menjalankan aktivitas demi tujuan mendapatkan Bitcoin. Per Mei lalu total biaya untuk mendapatkan aset digital mencapai 40% dari uang yang didapat dari penjualan. Bitcoin masih menjadi pendapatan dominan para penambang hingga kini.

Koin Kripto (Dok Unsplash)

“Prokotol [software] Ordinals telah menggeser secara cepat tatanan penambangan Bitcoin,” kata Jihan Wu, Chairman Bitdeer Technologies Group, salah satu penambang kripto yang berbasis di Singapura.