Logo Bloomberg Technoz

Namun, hal tersebut belum resmi dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Salah satu negara anggota G-7 yang akan menghentikan semua impor berlian Rusia adalah Inggris, yang sejak Brexit tak lagi terikat oleh kepentingan konsensus dengan Uni Eropa. Perdana Menteri Rishi Sunak juga mengumumkan Inggris akan menghentikan impor nikel, tembaga, dan aluminium asal Rusia.

Ilustrasi berlian (Sumber: Bloomberg)

KTT G-7 di Hiroshima, Jepang akan memfokuskan soal bagaimana menekan ekonomi Rusia. Sejumlah sanksi telah menghambat pertumbuhan, namun gagal mencegah serangan militer Presiden Vladimir Putin di Ukraina. Selain itu, ekonomi Rusia juga didukung oleh ekspor komoditas dan energi ke negara-negara di luar G-7.

Sebagai bagian dari pernyataannya terkait perang Rusia-Ukraina, G-7 juga akan memperjelas bahwa setiap seruan perdamaian harus mencakup penarikan pasukan dan senjata Rusia dari Ukraina tanpa syarat. Hal tersebut sejalan dengan posisi Ukraina, namun muncul seiring berkembangnya spekulasi pemerintahan di Kyiv akan semakin didesak untuk bernegoisasi dengan Moskow.

Berlian Rusia tak abadi

Presiden Dewan Eropa mengkonfirmasi G-7 dan Uni Eropa akan bekerja untuk membatasai perdagangan permata Rusia.

"Berlian Rusia tidak abadi," ujar Charles Michel pada Jumat (19/5) di Hiroshima, yang merujuk ungkapan populer soal berlian “diamonds are forever.”

Di tingkat Uni Eropa, larangan perdagangan berlian membutuhkan dukungan dari semua negara anggota. Belgia mengatakan akan terbuka untuk itu, namun G-7 harus memiliki mekanisme yang efektif.

Asal dari berlian terpampang jelas di awal rantai pasokan saat sertifikat dari Kimberley Process dikeluarkan, yang dirancang untuk mengakhiri penjualan blood diamond atau berlian darah yang digunakan untuk membiayai perang. Setelahnya, mereka mulai sulit dilacak.

Batu yang dipotong dan dipoles seringkali bercampur di rumah perdagangan. Sertifikat asli dapat diganti dengan dokumentasi 'campuran asli', sehingga hampir tak mungkin untuk melacak di mana berlian Rusia akhirnya dijual.

Soal logam, para pimpinan G-7 hanya akan menegaskan upaya untuk mengurangi pendapatan Rusia, berdasarkan draf pernyataan yang dilihat oleh Bloomberg.

Ekonomi Rusia bertahan di tengah sanksi (Sumber: Bloomberg)

Fokus utama negara-negara G-7 adalah menutup celah dan menegakkan sanksi yang ada. Menurut draf tersebut, para pemimpin akan mengumumkan beberapa poin:

- Perluasan pembatasan untuk barang-barang penting bagi perang Rusia, termasuk bahan yang digunakan di medan perang seperti mesin industri.

- Menargetkan entitas yang mengangkut material garda depan.

- Melibatkan Negara Ketiga di mana Rusia bisa memperoleh barang yang dikenai sanksi. Mereka juga akan mengambil tindakan terhadap negara-negara yang diyakini secara material mendukung perang Rusia.

- Mengatasi setiap potensi penghindaran dari batas harga minyak Rusia.

Larangan impor tembaga, aluminium, dan nikel Rusia oleh Inggris sebagian besar hanya bersifat simbolis karena Inggris bukan merupakan importir utama. Meski demikian, tindakan keras Uni Eropa berdampak besar bagi pasar logam.

Meski telah terjadi penurunan komoditas Rusia ke Eropa sejak perang, produsen logam seperti MMC Norilsk Nickel PJSC dan United Co. Rusal International PJSC terus menjual nikel, tembaga, dan aluminium ke pembeli Eropa.

Politisi telah mewaspadai dampak sanksi logam Rusia terhadap negara barat setelah apa yang terjadi di tahun 2018. Kala itu, AS menjatuhkan hukuman kepada Rusal yang memicu kekacauan bagi pabrikan Eropa sebelum dicabut pada tahun berikutnya.

(bbn)

No more pages