Logo Bloomberg Technoz

G-7 dan Uni Eropa Lacak Perdagangan Berlian Rusia

News
19 May 2023 16:40

Ilustrasi berlian (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi berlian (Sumber: Bloomberg)

Alex Wickham dan Alberto Nardelli - Bloomberg News

Bloomberg, Negara-negara yang tergabung dalam G-7 sepakat untuk bekerja sama melacak berlian Rusia. Namun, mereka akan sementara berhenti melarang total perdagangan permata Moskow, berdasarkan draf pernyataan yang dilihat oleh Bloomberg.

Langkah untuk melacak penjualan berlian Rusia melintasi perbatasan dapat membuka jalan bagi larangan impor di masa depan. Para pemimpin G-7 akan mengadakan pembicaraan tentang invasi Rusia ke Ukraina selama pertemuan yang dimulai Jumat (19/5) di Hiroshima, Jepang.

Upaya sebelumnya untuk memberikan sanksi kepada perdangangan berlian Rusia di Eropa mendapatkan tentangan dari negara-negara importir seperti Belgia. Mereka berpendapat hal itu akan mengalihkan perdagangan berlian ke tempat lain. Bloomberg melaporkan sebelumnya bahwa G-7 dan Uni Eropa tengah berdiskusi soal cara melacak penjualan berlian melintasi perbatasan.

Berdasarkan draf yang dilihat oleh Bloomberg, para pemimpin akan berkata mereka akan bekerja sama untuk membatasi perdagangan dan penggunaan berlian yang ditambah, diproses, atau diproduksi di Rusia. Mereka juga akan mengkoordinasikan langkah-langkah selanjutnya, termasuk dengan teknologi pelacakan.