Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Siapkan Rp275 Miliar bagi Peraih Medali Sea Games

Rezha Hadyan
18 May 2023 15:40

Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)
Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kabar gembira bagi para peraih medali di ajang Sea Games ke-32 di Kamboja. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah menyiapkan dana sebesar Rp275 miliar sebagai bonus bagi mereka yang berhasil meraih medali Sea Games 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut dana yang akan digunakan untuk bonus bagi para peraih medali dianggarkan dari Anggaran, Pendapatan, dan Belanja Negara (APBN). Bonus tersebut tidak hanya diberikan untuk atlet, tetapi jugaa bagi pelatih dan asisten pelatih.
 
"APBN #UangKita pun mendukung penuh kontingen Indonesia pada perhelatan SEA Games kali ini. Melalui DIPA @kemenpora di bawah naungan Mas Menteri @ditoariotedjo, dianggarkan APBN #UangKita," tutur Sri Mulyani dalam unggahan di akun Instagram-nya @smindrawati, dikutip Kamis (18/5/2023).

Klasemen Akhir Sea Games 2023 di Kamboja. (IG Kemenpora)

Sri Mulyani menjelaskan, Kemenkeu telah menganggarkan Rp 852,2 miliar dari APBN kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk Sea Games 2023, termasuk untuk pemberian bonus bagi para peraih medali. Adapun, perinciannya adalah Rp 522 miliar untuk pembinaan para atlet sebelum berlaga, Rp 55,2 miliar untuk bantuan pengiriman kontingen menuju Kamboja, dan Rp 275 miliar untuk pemberian bonus bagi peraih medali.

"Saya pastikan, APBN #UangKita akan terus hadir untuk mendukung sektor olahraga Indonesia. Sekali lagi, saya ucapkan selamat dan terima kasih bagi para pahlawan olahraga Indonesia," ujar Sri Mulyani.

Pertandingan seluruh cabang olahraga pada Sea Games 2023 di Kamboja telah usai pada Rabu (17/5/2023). Pada daftar klasemen perolehan medali Sea Games Kamboja, Indonesia duduk di posisi ke-3 dengan mengantongi 276 medali yang terdiri dari 87 emas, 80 perak, dan 108 perunggu.