Logo Bloomberg Technoz

Acara Talk Show Sindir Militer China Kena Denda Rp2,97 M

News
17 May 2023 16:20

Ilustrasi pengadilan China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pengadilan China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Otoritas kebudayaan di China mengenakan sanksi denda US$2 juta atau setara dengan Rp2,97 miliar ke salah satu acara Talk Show. Selain itu, program acara ini dilarang siaran dalam tanpa batas waktu, setelah kejadian seorang komedian bercanda mengenai slogan militer Presiden China Xi Jinping akhir pekan lalu. 

Perusahaan yang menjadi produses acara talkshow Xiaoguo dan komedian Li Haoshi dianggap telah melakukan "penghinaan serius" terhadap Tentara Pembebasan Rakyat (People Libertarian Army/PLA), Biro Kebudayaan dan Pariwisata Kota Beijing mengatakan dalam sebuah pernyataan di akun WeChat hari Rabu.

Biro tersebut mendenda Xiaoguo 13,4 juta yuan ($1,9 juta) atas insiden tersebut, dan menambahkan bahwa mereka akan menyita 1,33 juta yuan ($190.090) dari apa yang mereka sebut sebagai "keuntungan ilegal", meskipun tidak dijelaskan lebih lanjut.

Ini adalah dampak terbaru dari penampilan Li pada hari Sabtu, di mana dia menggambarkan dua anjing liar yang dia gambarkan "memiliki gaya kerja yang baik, mampu bertarung dan memenangkan pertempuran." Itu adalah plesetan dari slogan yang pernah disampaikan Xi pada sebuah pertemuan PLA yang kemudian ditampilkan dalam sebuah lagu militer yang populer.