Logo Bloomberg Technoz

Banyak Jalan Rusak, Sri Mulyani Minta Pemda Evaluasi Belanja

Krizia Putri Kinanti
17 May 2023 15:10

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Dok. Kementerian Keuangan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Dok. Kementerian Keuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo baru-baru ini kembali mendatangi daerah yang memiliki jalan rusak. Kali ini kepala negara menyusuri ruas jalan Kota Jambi hingga Desa Sungai Gelam di kabupaten Muaro, Jambi.

Menanggapi hal tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, turunnya Presiden melihat kondisi infrastruktur di daerah harus menjadi pembelajaran bagi Pemerintah Daerah. Menurutnya ini merupakan bentuk dari evaluasi terkait kualitas pembangunan infrastruktur di daerah yang mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat.

"Sepertiga belanja daerah melalui transfer ke pemerintah daerah, dengan Bapak Presiden turun sendiri melihat kualitas jalan-jalan rusak bahkan Presiden akan mengeluarkan Inpres jalan ini suatu pembelajaran,” ujarnya pada Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023 di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (17/5).

Banyaknya jalan rusak tersebut membuat Presiden memutuskan mengambil alih proyek pembangunan infrastruktur. Bahkan, Jokowi mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) No 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah dan menyiapkan Rp32,7 triliun untuk melakukan perbaikan jalan-jalan yang rusak.

Ia menekankan bahwa Pemda harus mengevaluasi penggunaan anggarannya. Ia menambahkan bahwa pembelajaran yang didapatkan adalah kualitas belanja Kementerian dan Lembaga (K/L) harus bisa menjawab tantangan pembangunan yang masih perlu untuk ditingkatkan.