Logo Bloomberg Technoz

Sea Games 2023, Benarkah Ini Capaian Medali Tertinggi Indonesia

Fransisco Rosarians Enga Geken
17 May 2023 14:10

Timnas U-22 meraih medali emas pada Sea Games 2023 di Kamboja. (IG Kemenpora)
Timnas U-22 meraih medali emas pada Sea Games 2023 di Kamboja. (IG Kemenpora)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertandingan seluruh cabang olahraga pada Sea Games 2023 di Kamboja telah selesai. Pada daftar klasemen perolehan medali Sea Games Kamboja, Indonesia duduk di posisi ke-3 dengan mengantongi 276 medali yang terdiri dari 87 emas, 80 perak, dan 108 perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo sempat memberikan komentar tentang prestasi seluruh atlet Merah Putih pada turnamen di Phnom Penh tersebut. Dia menyebutkan perolehan 87 medali emas merupakan jumlah paling banyak sepanjang keikutsertaan Indonesia pada Sea Games.

"Indonesia sudah dapat 87 emas. Ini merupakan emas terbanyak sepanjang sejarah Sea Games ketika kita [Indonesia] main di luar kandang sendiri," kata Dito seperti dilansir Kemenpora, Rabu (17/5/2023).

Indonesia sendiri tercatat mulai mengikuti pertandingan olah raga antarnegara di Asia Tenggara pada 1977. Pada saat itu, atlet Indonesia langsung menjadi juara umum Sea Games 1977 Kuala Lumpur, Malaysia. Tim Garuda Indonesia tercatat meraih 62 emas, 41 perak, dan 34 perunggu.

Presiden Jokowi dan Menpora Dito Ariotedjo (Sumber: Tangkapan layar YouTube Setpres)

Berdasarkan data penyelenggaraan, Indonesia memang selalu mendulang medali emas sangat banyak saat menjadi tuan rumah. Bahkan, dari empat kali menjadi tuan rumah, Indonesia selalu bercokol di posisi teratas klasemen akhir perolehan medali.