Logo Bloomberg Technoz

Jalan Kabupaten di Jambi 50% Rusak, Jokowi Buktikan Sendiri

Sultan Ibnu Affan
16 May 2023 15:00

Presiden Jokowi tinjau jalanan buruk di Jambi (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi tinjau jalanan buruk di Jambi (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah meninjau kondisi jalan yang buruk di Lampung beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini meninjau kondisi jalan yang juga relatif parah di Jambi. Dalam kunjungan kerja ke Jambi pada Selasa (16/5/2023) selain meninjau harga kebutuhan pokok di pasar, Jokowi menyempatkan diri menjajal ruas jalan Jambi-Sungai Gelam.

Jalanan yang dilalui mobil presiden tak beraspal melainkan berbatu-batu walau ukuran lebar jalan cukup besar dan tampaknya menjadi akses utama. Terbukti dari beberapa mobil dan truk yang melewati jalan itu.

Tak berhenti hanya dari atas mobil, Jokowi yang dalam kesempatan itu didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga turun dan berjalan kaki menelusuri jalanan yang tampak buruk itu. Tak hanya jalan tanpa aspal, terdapat lubang-lubang dan batu-batuan kerikil di jalanan.

"Ya ini di Provinsi Jambi kan memiliki 9 kabupaten dan 2 kota yang kalau kita lihat datanya itu untuk jalan kabupaten ada 10 ribu kilometer. Yang rusak 4600 hampir separuh yang rusak kabupaten kota," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari kanal Sekretariat Presiden, Selasa (16/5/2023).

Sementara jalan provinsi kata Presiden Jokowi ada 1030 kilometer yang rusak 250 kilometer atau 25%. Sementara jalan nasional sepanjang 1300 kilometer yang rusak sepanjang 130 sekitar 10%. Sementara jalan produksi untuk komoditas nanas juga sangat rusak dan kata Presiden Jokowi sehingga akan diperbaiki pada Juli mendatang.