Logo Bloomberg Technoz

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah memang sengaja meningkatkan porsi kepemilikan saham dengan sejumlah pertimbangan.

Alasan utama, menurut Sri Mulyani, Indonesia merupakan anggota sekaligus pendiri IsDB sejak 1974. Langkap peningkatan saham akan memberikan dampak yang lebih besar dalam agenda pembangunan global.

"Sebagai satu-satunya lembaga keuangan multilateral yang menyediakan pembiayaan dengan prinsip syariah, IsDB memainkan peranan sangat penting dalam mendorong pembangunan ekonomi sosial di negara-negara anggota dan masyarakat muslim pada umumnya," kata Sri Mulyani dikutip dari laman Instagramnya, Senin (15/5/2023).

Menurutnya masuknya Indonesia sebagai salah satu pemegang saham utama diharapkan dapat memperkuat permodalan IsDB, meningkatkan kapasitas pinjaman, meningkatkan perannya dalam membantu negara-negara anggota, serta yang paling utama: mewujudkan kesejahteraan umat Islam.

"Sebagai salah satu negara pendiri, Pemerintah Indonesia tentu ingin menjadi mitra yang lebih kuat untuk dapat meningkatkan peranannya, melakukan reformasi, dan mencapai mandat bagi kepentingan semua anggota," katanya.

Sebagai salah satu pendiri dan pemegang saham terbesar di IsDB, pemerintah ingin Indonesia menjadi mitra yang lebih kuat untuk dapat meningkatkan peranannya, melakukan reformasi, dan mencapai mandat bagi kepentingan semua anggota.

IsDB juga menjalin kerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) terkait lini fasilitas pembiayaan infrastruktur dan peningkatan kapasitas keuangan syariah di Indonesia.

Dalam penandatanganan yang dilakukan oleh VP Operations IsDB H.E. Dr. Mansur Muhtar dan Direktur Utama PT SMI Pak Edwin Syahruzad, SMI mendapatkan lini fasilitas pembiayaan sebesar US$ 100 juta untuk membiayai infrastruktur di Indonesia.

Indonesia sendiri dapat berkontribusi melalui beberapa program dan institusi yang ada saat ini seperti Lembaga Dana Kerjasama Pembangunan Internasional (LDKPI) dan SDG-Indonesia One yang dikelola oleh PT SMI. 

“Saya harap dengan adanya kenaikan saham ini, kerja sama antara Indonesia dan IsDB dapat semakin menguat serta membawa kesejahteraan bagi seluruh umat,” ujar Sri Mulyani.

(evs)

No more pages