Logo Bloomberg Technoz

RS Indonesia di Jalur Gaza Terdampak Serangan Israel

Fransisco Rosarians Enga Geken
14 May 2023 12:00

RS Indonesia di Jalur Gaza terdampak serangan militer Israel. (Dok Mer-C)
RS Indonesia di Jalur Gaza terdampak serangan militer Israel. (Dok Mer-C)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rumah Sakit Indonesia di Bayt, Lahiya, Jalur Gaza Utara terdampak aksi pasukan milik Israel yang melancarkan serangan ke wilayah Palestina dalam beberapa hari terakhir. Berdasarkan informasi relawan Mer-C, beberapa pesawat jet tempur Israel membidik dan mengebom sejumlah target yang berada tak jauh dari RS Indonesia.

“Kerusakan cukup serius terjadi pada beberapa fasilitas RS Indonesia," kata Farid, salah satu relawan yang mengirimkan informasi ke Mer-C Pusat, Sabtu (13/5/2023). "Akibat pasukan pendudukan Israel yang membidik beberapa daerah yang berdekatan dengan RSI pada pagi hari kelima agresi di Jalur Gaza.”

Berdasarkan foto dan video yang dikirimkan, plafon pada sejumlah ruangan RS Indonesia nampak jatuh. Instalansi kabel dan listrik pun nampak menjuntai keluar dan jatuh dari bagian atap.

Hingga saat ini, menurut Mer-C pusat, para relawan dan manajemen RS Indonesia masih mendata kerusakan yang terjadi.

RS Indonesia di Jalur Gaza terdampak serangan militer Israel. (Dok Mer-C)

Pertempuran antara Israel dan Palestina sudah terjadi sejak Selasa (9/5/2023). Sejak saat itu, sejumlah warga lokal dikabarkan mengalami luka hingga meninggal dunia. Beberapa korban pun sempat dibawa dan dirawat di RS Indonesia.