Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Sedikit Lagi Geser Kamboja di Klasemen Sea Games 2023

Fransisco Rosarians Enga Geken
14 May 2023 09:00

Presiden Jokowi dan Menpora Dito Ariotedjo (Sumber: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Presiden Jokowi dan Menpora Dito Ariotedjo (Sumber: Tangkapan layar YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kontingen Indonesia hanya selisih satu angka dengan Kamboja dalam klasemen sementara Sea Games 2023. Para atlet Merah Putih berpotensi besar menambah sejumlah medali emas tambahan untuk menggeser tuan rumah dari posisi ke-3.

Hingga penutupan Sabtu (13/5/2023), perolehan medali timnas Indonesia memang masih berada di posisi empat klasemen Sea Games 2023. Altet tanah air telah berjuang mendapatkan 181 medali yang terdiri dari 58 medali emas, 51 medali perak, dan 72 medali perunggu.

Hasil ini memang masih jauh dari target yang dipatok Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pada saat melepas keberangkatan, Jokowi meminta seluruh atlet berjuang keras untuk merebut posisi pertama atau kedua perolehan medali pada ajang Sea Games Kamboja tersebut.

Klasemen Sementara Sea Games 2023 Kamboja, Sabtu (13/5/2023). (Tangkapan layar IG Kemenpora)

Jika ingin memenuhi harapan Presiden, Indonesia terlebih dahulu harus mengalahkan perolehan Timnas Kamboja yang berapa pada posisi ketiga klasemen Sea Games 2023. Para atlet tuan rumah ini telah mengumpulkan 192 medali yang terdiri dari 59 medali emas, 53 perak, dan 80 perunggu. Artinya hanya selisih 1 medali emas dengan Indonesia.

Akan tetapi, langkah kontingen Indonesia memang cukup berat untuk duduk di posisi pertama dan kedua.