Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid mengungkapkan, perwujudan 0% kemiskinan ekstrem 2024, saat ini telah dilakukan melalui Dana Desa yang telah disalurkan ke rekening kas desa.

“Melalui dana desa yang disalurkan langsung ke rekening kas desa, desa-desa di Indonesia telah berkontribusi besar salah satunya untuk mewujudkan nol persen atau mendekati nol persen kemiskinan ekstrem pada 2024,” kata Taufik.

Diketahui Bank Dunia atau World Bank pada pekan ini mengapresiasi pemerintah Indonesia  yang telah mencapai hasil yang mengesankan dalam upaya mengurangi kemiskinan yang tercatat tinggal 1,5% dari populasi pada 2022.

Menurut Bank Dunia, daerah-daerah yang sebelumnya tertinggal di Indonesia kini berhasil mengejar ketertinggalannya. Dengan demikian, target pemerintah Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem pada 2024 dinilai telah tercapai. 

Berdasarkan data Paritas Daya Beli (PPP), pada 2011, Indonesia tercatat menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem yang diukur dengan ambang pendapatan US$1,9 per kapita per hari. Kemiskina ekstrem di Indonesia turun dari 19% pada 2002 menjadi 1,5% pada 2022.

Menurut Bank Dunia, penurunan tingkat kemiskinan ekstrem di Indonesia didorong oleh pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan dukungan fiskal pemerintah dalam memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat miskin dan rentan. Namun, sejumlah kemiskinan friksional yang ekstrem kemungkinan besar akan tetap ada untuk beberapa waktu ke depan. 

"“Dengan kemiskinan ekstrem yang hampir hilang, startegi pengetasan kemiskinan harus memperluas fokusnya  agar mencakup rumah tangga miskin,” tulis Bank Dunia dalam laporanya, dikutip Selasa (9/5/2023).

(ezr)

No more pages