Logo Bloomberg Technoz

2 Strategi RI Berantas Kemiskinan Ekstrem yang Hampir Tercapai

Ezra Sihite
13 May 2023 08:18

Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menargetkan nol kemiskinan ekstrem pada 2024. Ada dua strategi yang dilakukan pemerintah untuk mengejar target tersebut.

“Di tahun 2024 nanti, kita menargetkan kemiskinan ekstrem sebesar nol persen yang diupayakan melalui dua strategi utama yaitu peningkatan pendapatan dan pengurangan beban,” kata Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dalam acara Penguatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Indonesia Bebas Stunting dan Kemiskinan Ekstrem, Jumat (12/05/2023), di Hotel Sahid Bela Ternate, Maluku Utara sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS), lebih dari 9% penduduk Indonesia termasuk dalam kategori miskin dan sekitar 2% termasuk kategori miskin ekstrem. Ma'ruf Amin karena itu meminta semua pemangku kepentingan berkolaborasi untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem hingga nol persen di tahun 2024.

Dia juga meminta para pendamping desa agar dapat meningkatkan peranan dalam upaya mengatasi kemiskinan ekstrem.

“Para pendamping desa agar membantu kepala desa dan aparatur dalam menguatkan konvergensi program di kantong-kantong kemiskinan, khususnya wilayah konsentrasi keluarga miskin ekstrem,” kata dia.