Logo Bloomberg Technoz

Sea Games 2023, Mampukah Indonesia Rebut Posisi Ke-3 Hari Ini

Fransisco Rosarians Enga Geken
12 May 2023 15:20

Presiden Jokowi dan Menpora Dito Ariotedjo (Sumber: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Presiden Jokowi dan Menpora Dito Ariotedjo (Sumber: Tangkapan layar YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kontingen Indonesia hari ini akan kembali bertanding memperebutkan medali pada sejumlah cabang olahraga Sea Games 2023 di Kamboja. 

Berdasarkan informasi yang dilansir Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), atlet Merah Putih yang akan berlaga antara lain atlet golf, cycling road, tenis, fin swimming, wushu, waterpolo, sepaktakraw, atletik, fencing, billiar, bulu tangkis, bola voli pantai, taekwondo, bola basket, e-sports, dan field hockey.

Hingga berita ini ditulis, Indonesia sudah mendapatkan tambahan medali dari tiga atlet pada cabang olah raga wushu, Jumat (12/5/2023). Mereka adalah Edgar Xavier Marvelo yang meraih medali emas pada nomor Men's Changquan; serta Harris Horatius dan Eugenia Diva Widodo yang masing-masing meraih medali perak. Harris pada nomor Men's Nandao dan Nangun, sedangkan Eugenia pada Women's Changquan.

Peraih medali emas Sea Games 2023. (Tangkapan layar IG Kemenpora RI)


Hingga penutupan Kamis (11/5/2023), perolehan medali timnas Indonesia memang masih berada di posisi empat klasemen Sea Games 2023. Altet tanah air telah berjuang mendapatkan 135 medali yang terdiri dari 44 medali emas, 33 medali perak, dan 58 medali perunggu.

Hasil ini memang masih jauh dari target yang dipatok Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pada saat melepas keberangkatan, Jokowi meminta seluruh atlet berjuang keras untuk merebut posisi pertama atau kedua perolehan medali pada ajang Sea Games Kamboja tersebut.