Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Dunia Melemah, PDB Malaysia Kuartal I Justru Melesat

News
12 May 2023 12:35

Ilustrasi Malaysia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Malaysia (Sumber: Bloomberg)

Anisah Shukry - Bloomberg News

Bloomberg - Ekonomi Malaysia tumbuh melampaui ekspektasi pada kuartal pertama tahun ini didorong kuatnya permintaan domestik, yang membuat langkah bank sentral baru-baru ini untuk mengembalikan suku bunga ke tingkat pra-pandemi menjadi tepat.

Bank Negara Malaysia (BNM) dan Departemen Statistik negara tersebut melaporkan pada Jumat (12/05/2023) bahwa produk domestik bruto (PDB) untuk periode Januari-Maret meningkat 5,6% dari tahun lalu. Angka itu lebih cepat dari perkiraan rata-rata pertumbuhan 5,1% dalam survei Bloomberg. Secara berurutan, PDB kembali ke wilayah positif sebesar 0,9%.

Pertumbuhan ekonomi Malaysia (Sumber: Bloomberg)

Ketahanan ekonomi Malaysia di tengah perlambatan global membenarkan dimulainya kembali pengetatan kebijakan bank sentral secara mengejutkan minggu lalu setelah jeda singkat awal tahun ini untuk mengelola tekanan inflasi. Hal ini juga sejalan dengan perkiraan resmi untuk pertumbuhan antara 4% hingga 5% tahun ini di tengah prospek dunia yang menantang. 

BNM mengatakan kenaikan suku bunga acuan itu dimaksudkan untuk menjaga inflasi di saat ekonomi domestik bertumbuh. Mereka juga memberi sinyal bahwa tindakan di masa depan akan bergantung pada data pertumbuhan dan inflasi.