Logo Bloomberg Technoz

Karyawan Naik Gaji, Harga Saham Induk Shopee Naik 112%

News
12 May 2023 11:45

Ilustrasi aplikasi Shopee. (Nicky Loh/Bloomberg)
Ilustrasi aplikasi Shopee. (Nicky Loh/Bloomberg)

Ishika Mookerjee - Bloomberg News

Bloomberg, Saham perusahaan induk Shopee, Sea Ltd. naik lebih dari dua kali lipat sejak November 2022. Hal ini memperkuat jalur pemulihan berkelanjutan perusaahaan itu dari penurunan dahsyat yang terjadi pada akhir 2021.

Bullish-nya harga saham perusahaan yang didukung oleh Tencent Holdings Ltd. ini didorong oleh pengumuman kenaikan gaji karyawan sebesar 5% pekan ini dan pernyataan pendiri perusahaan, Forrest Li bahwa kas mereka telah mulai tumbuh berbulan-bulan lebih cepat dari target. Perusahaan diperkirakan akan melaporkan laba kuartalan pada Selasa pekan depan.

Pergerakan saham induk Shopee, Sea (Sumber: Bloomberg)

Meski telah berlipat ganda, reli di saham Sea masih terlihat seperti titik kecil pada grafik harga jangka panjang. Saham mereka sempat jatuh menjadi hanya US$40,92 pada bulan November. Saham Sea ditutup US$86,71 pada Kamis, memperpanjang kenaikan dari level terendah tahun lalu menjadi 112%. 

Sea — yang bisnisnya mencakup e-commerce Shopee, perusahaan layanan internet SeaMoney, dan divisi game Garena — akan melaporkan pendapatan bersih kuartal pertama sebesar US$223 juta pekan depan, dibandingkan kerugian sebesar US$580 juta pada periode yang sama tahun lalu, menurut laporan perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg.