Logo Bloomberg Technoz

AS Beri Sinyal Isi Lagi Cadangan, Harga Minyak Dunia Naik

News
12 May 2023 08:45

Ilustrasi produksi minyak mentah (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi produksi minyak mentah (Sumber: Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak dunia naik setelah mengalami penurunan selama dua hari menyusul sinyal Amerika Serikat (AS) akan mulai mengisi cadangan minyak strategis (Strategic Petroleum Reserve/SPR) mereka setelah Juni, yang mengimbangi kekhawatiran tentang permintaan yang melemah. 

Harga West Texas Intermediate naik di atas US$71 per barel dan sedikit berubah selama seminggu setelah turun hampir 4% selama dua sesi sebelumnya. Sekretaris Energi AS Jennifer Granholm mengatakan kepada anggota parlemen bahwa negara tersebut berharap mulai mengisi kembali SPR setelah penarikan yang dimandatkan oleh kongres berakhir bulan depan. 

Namun, prospek keseluruhan masih belum jelas, dengan pasar menunjukkan tanda-tanda pelemahan di tengah margin kilang yang buruk dan pembelian yang lesu di beberapa area. Dua ekonomi terbesar di dunia juga menunjukkan bukti lebih lanjut pelemahan pekan ini, dengan meningkatnya pengangguran AS meningkat dan melesunya pemulihan ekonomi China.

Harga minyak mentah telah turun sekitar 14% dalam sebulan terakhir karena ekonomi AS semakin mendekati resesi dan rebound ekonomi China yang mengecewakan.