Logo Bloomberg Technoz

Aplikasi GoPay Rilis, Terpisah dari Gojek

Whery Enggo Prayogi
11 May 2023 07:08

Aplikasi GoPay Versi Perdana. (Dok tangkapan layar Gopay)
Aplikasi GoPay Versi Perdana. (Dok tangkapan layar Gopay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Layanan dompet digital milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Gopay telah ‘spin-off’ atau  berdiri terpisah dari aplikasi super apps Gojek. Aplikasi dengan nama GoPay Versi Perdana dan telah tersedia di iOS dan Playstore.

Pada awal kemunculan aplikasi, PT Go-Jek Indonesia menerangkan aplikasi ini telah tersedia di beberapa kota. PT Go-Jek, yang merupakan bagian dari entitas anak dari GOTO, memulai operasi pada 2010. GOTO memiliki kepemilikan mayoritas dengan 99,98% saham.

“Kalau kami belum hadir di kota kamu, kami mohon maaf. Tapi jangan khawatir, kamu akan diprioritaskan untuk mencoba aplikasi ini ketika kami sudah ada di sana. Kalau kami tersedia di kotamu, kamu bisa menikmati layanan transfer gratis ke mana saja,” tulis Gopay versi perdana dalam deskripsinya.

Menurut sumber Bloomberg Technoz yang mengetahui rencana bisnis pemisahan aplikasi Gopay, bercerita, langkah ini bertujuan untuk memberi layanan yang lebih spesifik di bidang keuangan.

Bloomberg Technoz mencoba meng-install layanan GoPay Versi Perdana. Terdapat pilihan user untuk memilih lokasi. Setelahnya user diminta untuk melanjutkan registrasi dengan memasukkan nomor pribadi ponsel. Namun proses terkendala, karena kontak pada layanan Gojek tidak bisa dipakai untuk GoPay Versi Perdana.