Logo Bloomberg Technoz

Oleh sebab itu Bappenas pun harus putar otak untuk mengurangi kesenjangan pembiayaan pembangunan tersebut.

Strategi Pembiayaan

Teranyar Bappenas meneken kerja sama dengan Indonesia Impact Alliance (IIA). Kerja sama itu merupakan inisiatif dengan mekanisme investasi berdampak melalui skema pembiayaan campuran (blended finance).

Yanuar meyakini jika penerapan blended finance akan memperlancar aliran modal dari sektor swasta. Dengan cara itu, diharapkan bisa memudahkan investor dalam mendukung perusahaan berdampak di Indonesia, terutama wirausaha sosial.

Indonesia  Impact Alliance (IIA) merupakan aliansi organisasi dan individu yang bekerjasama dengan para pemangku kepentingan utama pada sektor investasi berdampak di Indonesia  hadir guna bantu UMKM yang kesulitan dalam pendanaan.

Investasi berdampak atau impact investment merupakan investasi dengan tujuan untuk berkontribusi pada pencapaian yang bermanfaat secara sosial dan lingkungan.

Menurut CEO Indonesia Impact Alliance, Romy Cahyadi prioritas utama IIA adalah untuk menfasilitasi mekanisme investasi berdampak melalui skema pembiayaan campuran (blended finance) untuk mengurangi risiko bisnis dan mendapatkan keuntungan finansial.

Adapun blended finance juga diprioritaskan untuk mendukung perusahaan berdampak di Indonesia khususnya wirausaha sosial yang membutuhkan investasi antara Rp 1,5 miliar hingga Rp 15 miliar yang tidak dapat memperoleh pendanaan keuangan mikro di bawah Rp 1,5 miliar sedangkan modal ventura atau private equity diatas Rp 15 miliar.

“Kami akan  membantu perusahaan yang memberdayakan UMKM yang selama ini mereka kesulitan dalam mendapatkan pendanaan dari bank atau modal ventura,” ungkap Romy dalam keterangnya, Rabu (10/05/2023).

Untuk tahun ini, IIA masih disiapkan dalam proses pembentukan dan pendanaan, sebelum mulai aktif berinvestasi pada kuartal III tahun depan. 

Dalam  pengumpulan investor, wirausaha dan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan ekosistem investasi berdampak, IIA didukung oleh Ford Fundation sebuah lembaga non profit penyalur bantuan hibah.

Presiden Ford Foundation, Darren Walker menerangkan  IIA menjadi sarana  untuk membuka peluang yang signifikan di Indonesia untuk terus berkembang  sebagai pendekatan yang paling berpengaruh dan solusi bagi penyelesian permaslahan di masyarakat.

“Keunggulan investasi berdampak telah diterapkan di seluruh dunia dan kami bersemangta untuk memperluas pendekatan yang sama di Indonesia,” ungkapnya.

(yun/evs)

No more pages