Logo Bloomberg Technoz

Ada Kasus Korupsi, Seleksi Dirjen Minerba ESDM Tetap Berjalan

Rezha Hadyan
09 May 2023 21:00

Plh Dirjen Minerba, M. Idris Froyote Sihite usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Senin (3/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Plh Dirjen Minerba, M. Idris Froyote Sihite usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Senin (3/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomerg Technoz, Jakarta  – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan proses seleksi untuk posisi Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batubara (Minerba) masih berjalan sebagaimana mestinya walaupun salah satu kandidatnya dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti diketahui, salah satu kandidat, yakni M. Idris Froyote Sihite yang juga menjabat sebagai Plh. Dirjen Minerba dipanggil oleh komisi antirasuah sebagai saksi dari kasus korupsi tunjangan kinerja (tukin) di Direktorat Jenderal (Ditjen) Minerba.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana, proses seleksi Dirjen Minerba sudah memasuki tahap akhir. Dia menyatakan kasus korupsi tersebut tidak memengaruhi proses seleksi yang berlangsung dengan empat tahapan itu.

“Proses sudah berjalan dan sudah sampai tahap akhir. Ada empat tahap kan ini biar semua tahu ya. Pertama, kan tahapan seleksi administratif, bener apa enggak segala macam yang ngikut. Kedua, assesmen. Ketiga, tes penulisan makalah. Terakhir, wawancara,” katanya ketika ditemui usai acara Reuni 45 Tahun Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) di The Westin Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2023).

Rida mengungkapkan proses seleksi tetap berjalan lantaran panitia yang terdiri dari sejumlah praktisi terkait sepakat bahwa kasus korupsi tukin di Ditjen Minerba sama sekali tidak berpengaruh. Kandidat yang dipanggil oleh KPK tidak terkait langsung dengan tindak pidana tersebut.