Logo Bloomberg Technoz

Kookmin Alihkan HMETD Bukopin ke Investor Baru Senilai Rp3,19 T

Donald Banjarnahor
09 May 2023 07:50

KB Bukopin. (Dok. KB Bukopin)
KB Bukopin. (Dok. KB Bukopin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Meskipun menjadi salah satu pembeli siaga atau standby buyer dalam Penawaran Umum Terbatas VII (PUT VII/rights issue) Bank Bukopin, namun Kookmin Bank ternyata mengalihkan sebagian haknya kepada investor baru bernama STIC Eugence Star Holdings Inc.

Dalam prospektus rights issue dengan target total dana Rp11,99 triliun ini, Kookmin Bank hanya akan melaksanakan sebagian hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Kookmin akan melaksanakan 48,5 miliar HMETD dengan nilai pelaksanaan Rp4,85 triliun. 

Induk usaha Bukopin ini akan mengalihkan 31,9 miliar HMETD dengan nilai pelaksanaan Rp3,19 triliun kepada STIC Eugene Star Holdings Inc. Kookmin dan STIC telah menandatangani perjanjian jual beli sertifikat HMETD pada 7 April 2023. 

Bila hal ini terealisasi dan seluruh pemegang saham lainnya melaksanakan sesuai haknya, maka kepemilikan Kookmin Bank di Bukopin akan terdilusi menjadi 50,02%, sementara STIC akan menggenggam 16,78% saham Bukopin.

Tidak banyak informasi mengenai STIC yang berpotensi menjadi pemegang saham terbesar kedua di Bukopin. Tidak ada website resmi dari STIC Eugene Star Holdings Inc.