Logo Bloomberg Technoz

LPEM UI:  Proyek Strategis Nasional Tingkatkan Ekonomi

Shinta Dwi Ayu
08 May 2023 22:06

Pusat ekonomi di jantung kota DKI Jakarta. (Dok Muhammad Fadli/Bloomberg)
Pusat ekonomi di jantung kota DKI Jakarta. (Dok Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) mampu memberikan efek pengganda atau multiplier effect bagi sebuah bangsa. Dampak ekonominya akan sangat luar biasa.

Menurut peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia (UI), saat PSN semakin didorong oleh pemerintah maka peningkatan ekonomi akan terlihat.

“Kita harus melihat dari dua hal, pertama, ketika proyek tersebut dilakukan konstruksi, kedua ketika proyek tersebut telah beroperasi,” ucap Khoirrunuinrofik dalam acara Sewindu PSN di Jakarta, Senin (8/5/2023).

Sesaat inisiatif PSN bergulir tujuh tahun lalu hingga kini telah ada 156 proyek strategis yang selesai dikerjakan dengan nilai investasi Rp1.080,2 triliun. Tujuan penyelesaian sejumlah PSN adalah konektivitas, ketahanan energi, ketahanan pangan, serta hilirisasi industri dan investasi.

Khoirrunuinrofik menjelaskan, sampai saat ini masih ada keterbatasam data sehingga kajian yang dilakukannya masih berupa kontruksi atau nilai investasinya, saja. Meski demikian, ia menegaskan infrastruktur merupakan urat nadi dalam perekonomian. Fungsi infrastruktur sangat penting.