Logo Bloomberg Technoz

Penembakan Massal Kembali Terjadi di AS, Foto-foto Korban Beredar

News
08 May 2023 09:20

Seorang petugas polisi di dekat lokasi penembakan di Allen Premium Outlets di Texas, pada 6 Mei. (Sumber: Bloomberg)
Seorang petugas polisi di dekat lokasi penembakan di Allen Premium Outlets di Texas, pada 6 Mei. (Sumber: Bloomberg)

Kevin Crowley dan Ian Fisher - Bloomberg News

Bloomberg, Penembakan massal kembali terjadi di Amerika Serikat (AS) tetapi kali ini ada yang berbeda: Foto-foto korban yang sangat eksplisit dan berlumuran darah, di antaranya setidaknya satu anak, beredar luas di media sosial. 

Meskipun tidak mungkin untuk mengotentikasi gambar pembantaian di mal outlet di Allen, Texas itu, perdebatan kini memuncak tentang bagaimana merespons soal kekerasan senjata di AS.

“Saya tidak ingin melihat foto itu beredar di media sosial, diambil saat saya menelepon 911 dan mencoba memberikan bantuan di Allen Outlets,” cuit Steven Spainhouer, mantan petugas polisi yang memberikan pertolongan pertama di tempat kejadian. “Setidaknya yang bisa Anda lakukan adalah membantu, bukan mengambil foto orang yang berada di ambang kematian.”

Meski begitu, beberapa yang pendukung tindakan pengendalian senjata yang lebih kuat AS berpendapat bahwa ratusan penembakan massal terjaid di AS setiap tahun dan debat perlu bergerak dari abstraksi politik ke perspektif korban secara konkret.