Logo Bloomberg Technoz

Prospek Cerah untuk Pemerataan Akses Kesehatan Indonesia

08 May 2023 14:00

Dok : East Ventures
Dok : East Ventures

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sektor kesehatan Indonesia telah lama menghadapi tantangan yang signifikan, terutama dalam mencapai pemerataan akses layanan kesehatan di seluruh nusantara. Namun, harapan yang menjanjikan telah muncul bagi Indonesia untuk mengatasi tantangan tersebut dan menciptakan sistem kesehatan yang dapat diakses dan merata di setiap provinsi.

Ada beberapa kendala yang dihadapi sektor kesehatan Indonesia saat ini. Kekurangan tenaga medis menjadi salah satu kendala utama dalam mencapai pemerataan akses pelayanan kesehatan. Ketersediaan fasilitas kesehatan juga masih terkonsentrasi di Pulau Jawa hingga tahun 2021, menurut Badan Pusat Statistik (BPS). Dengan infrastruktur kesehatan yang tidak memadai, negara harus mengeluarkan biaya kesehatan per kapita yang lebih tinggi di daerah dengan jumlah fasilitas kesehatan yang lebih sedikit karena memerlukan biaya yang lebih tinggi untuk mobilisasi pasien.

Jutaan rekam medis terfragmentasi masih diinput secara manual dan tidak terintegrasi juga menjadi tantangan kesehatan di Indonesia. Lebih dari 80% fasilitas kesehatan tidak menggunakan rekam digital, yang menyebabkan kesulitan dalam transfer rekam medis. Akibatnya, penyedia layanan kesehatan tidak dapat mengakses data kesehatan pasien yang terkini dan akurat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah telah mengeluarkan peraturan untuk sistem kesehatan, termasuk desentralisasi sistem kesehatan dan mengalokasikan 10% anggaran pemerintah daerah untuk bidang kesehatan, sedangkan koordinasi dan integrasi pemerintah pusat dan daerah perlu lebih ditingkatkan, dan pemenuhan batas minimal alokasi dana harus dilaksanakan di lebih banyak kota dan kabupaten.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menginisiasi Strategi Transformasi Digital Bidang Kesehatan 2020-2024, yang bertujuan untuk mengubah sistem pelayanan kesehatan menjadi model yang lebih efisien, efektif, dan berpusat pada pasien. Salah satu inisiatif utama dari strategi ini adalah platform SATUSEHAT (sebelumnya PeduliLindungi).