Logo Bloomberg Technoz

Atas keputusan PHK ini total pesangon yang harus disiapkan Shopify sekitar US$140 juta hingga US$150 juta. 

“Angka [kinerja] kami tidak sehat, sama seperti yang terjadi pada sebagian besar pemain di industri teknologi. Dengan angka yang pas kami bisa dapat lebih fokus dalam mencapai hasil dan dampak,” kata Lütke.

Pada sebuah conference call eksekutif Shopify menegaskan pihak akan menjalankan bisnis dengan lebih cekatan demi mencapai posisi lebih ideal.

Kesepakatan transaksi bisnis logistik merupakan keputusan terbesar Shopify, perusahaan dagang-el asal Kanada, dalam upaya mereka bersaing dengan Amazon.com Inc. Flexport sebagai pihak pembeli akan mengambil alih sebagian besar aset, termasuk milik Deliverr Inc., startup logistik, anak usaha Shopify yang baru dibeli senilai US$2,1 miliar tahun lalu.

“Kami menghargai langkah manajemen dalam membuat keputusan sulit, tetapi bisa menjadikan perusahaan bisa lebih siap dalam meraih sukses dalam jangka panjang meski terjadi pivoting yang signifikan,” kata Colin Sebastian, analis dari Baird.

Pendapatan perusahaan tercatat US$1,51 miliar, lebih baik dari perkiraan para analis yang telah dirangkum Bloomberg, sekitar US$1,43 miliar. Gross merchandise volume (GMV) Shopify atau nilai total penjualan pada seluruh platform mencapai US$49,6 miliar. Kembali melebihi proyeksi Wall Street, US$47,7 miliar.

Anurag Rana, dari Bloomberg Intelligence mengatakan, divestasi bisnis logistik Shopify jadi strategis, apalagi karena Amazon.com tengah membuat program ‘Buy with Prime’ untuk nonpenjual Amazon.

Catatan kenaikan jumlah karyawan Shopify. (Dok Bloomberg)

Keputusan PHK, meski membuat sedih dalam jangka pendek, tetapi bisa meningkatkan fokus perusahaan untuk menjual lebih banyak produk. Secara terpisah, hasil kuartal I secara mengejutkan kuat, dengan penjualan lebih tinggi 640 bps dari konsensus.

Pada kuartal II Shopify yakin pendapatan mereka akan meningkat pada level yang sama dengan posisi awal kuartal secara yoy. Targetnya mampu mencatatkan profitabilitas aras kas untuk tiap kuartal sepanjang tahun.

Shopify mengalami kenaikan akibat tingginya belanja online pada awal pandemi hadir. Terjadi kenaikan jumlah konsumen karena terbatasnya pergerakan, hanya di rumah. Lütke bertaruh kenaikan ini bersifat tetap, tetapi situasi tak sesuai harapan. Perusahaan harus menghemat. Mereka memangkas 1.000 pekerjaan pada musim panas lalu, menaikkan harga, dan fokus menjaring user baru. Total karyawan Shopify tahun lalu berjumlah 11.600.

Shopify akan menghadapi tantangan makro, lewat perlambatan belanja dari sisi konsumer akibat tekanan inflasi. Penjualan ritel dilaporkan 1,4% pada Maret, seperti diumumkan badan statistik setempat.

(bbn)

No more pages