Logo Bloomberg Technoz

Gaji Eksekutif Komoditas Macquarie Rp565 M, Kalahkan CEO

News
05 May 2023 13:30

Nick O’Kane (Source: Macquarie Group Ltd.)
Nick O’Kane (Source: Macquarie Group Ltd.)

Nabila Ahmad - Bloomberg News

Bloomberg, Nick O'Kane, trader komoditas dan pemain di bisnis pembangkit tenaga listrik, menjadi tokoh penting di balik raihan rekor laba tahunan yang dibukukan Macquarie Group Ltd. Raihan yang dicapai O'Kane lebih besar dibanding yang dicapai oleh Chief Executive Offcer (CEO) perusahaan tersebut.

O'Kane, mulai menjabat sebagai Head of The Commodities and Global Markets di Macquarie Group sejak 2019 mencatatkan kenaikan gaji 59% menjadi 57,6 juta dolar Australia atau setara US$38,6 juta (Rp565,99 miliar), berdasarkan laporan keuangan tahunan Macquarie yang dirilis pekan lalu. Sementara CEO Macquarie Shemara Wikramanayake memperoleh total gaji 32,8 juta dolar Australia, naik 27% dari tahun sebelumnya.

Gejolak di pasar komoditas mendorong kenaikan laba sebesar 54% dari unit O'Kane menjadi 6 miliar dolar Australia karena aktivitas lindung nilai dan jumlah transaksi yang meningkat. Macquarie mengatakan komoditas gas dan listrik Amerika Utara merupakan area volatilitas yang memberikan keuntungan.

Shemara Wikramanayake, chief executive officer Macquarie Group Ltd. (Brent Lewin/ Bloomberg)

Pada 2022 Macquarie membukukan hasil yang memuaskan dari perdagangan komoditas, perolehan dari bisnis ini mampu mengimbangi penurunan dalam transaksi dari layanan perbankan. Hasilnya, bank ini mengalami kenaikan laba tahunan sebesar 10%.