Logo Bloomberg Technoz

Meskipun kinerjanya lebih baik dari yang diharapkan, terjadi penurunan penjualan selama dua kuartal berturut-turut. Hal ini pertama bagi Apple sejak pandemi dimulai. Penghasilan, sementara itu, tidak berubah dari tahun sebelumnya, pada US$1,52 per saham dibandingkan dengan perkiraan rata-rata $1,43 per saham. 

Pada conference call dengan analis, Apple mengatakan bahwa pendapatan pada periode saat ini akan turun dengan jumlah yang sama seperti pada kuartal terakhir, yang berakhir pada 1 April. Itu menunjukkan penurunan sekitar 3%. Perusahaan juga mengatakan akan terus melihat dampak negatif dari nilai tukar mata uang asing. 

Apple menghasilkan US$51,3 miliar penjualan dari iPhone — produk andalannya — pada kuartal kedua, melampaui prediksi analis sebesar US$49 miliar. Itu hanya naik 1,5% dari tahun lalu tetapi menandai rekor kinerja untuk kuartal Maret, kata CEO Apple Tim Cook.

Pendapatan dari iPad turun 13% menjadi US$6,67 miliar, kira-kira sejalan dengan perkiraan US$6,7 miliar.

Demikian pula, pendapatan dari Mac yang turun 31% menjadi US$7,17 miliar dibandingkan perkiraan US$7,7 miliar. Apple telah memperbarui MacBook Pro dan Mac mini dengan menambahkan prosesor yang lebih cepat, tetapi gagal menghidupkan kembali penjualan mereka

Pendapatan dari AirPods, Apple Watch, dan dekoder TV, turun kurang dari 1% menjadi US$8,76 miliar. Angka ity mengalahkan perkiraan yang sebesar US$8,5 miliar.

Bisnis layanan, yang mencakup iCloud, Apple Music, App Store, dan layanan streaming TV+, menghasilkan US$20,91 miliar, meleset dari estimasi yang sebesar US$21,1 miliar. Namun demikian, angka itu naik 5,5% dari tahun sebelumnya.

Menurut Cook, kinerja perusahaan sangat baik di pasar negara berkembang dengan rekor penjualan triwulanan di Indonesia, Meksiko, Filipina, Arab Saudi, Turki, dan Uni Emirat Arab.

Untuk Apple dan perusahaan AS lainnya yang mendunia, dolar yang kuat menjadi tantangan yang dapat menurunkan nilai pendapatan yang dihasilkan di negara lain,

“Terlepas dari tantangan ini, kami terus mengelolanya untuk jangka panjang,” kata Cook. 

(bbn)

No more pages