Logo Bloomberg Technoz

"The New York Times senang dengan keputusan hakim hari ini," kata juru bicara Charlie Stadtlander NYT dalam sebuah pernyataan. “Ini adalah preseden penting yang menegaskan kembali bahwa pers dilindungi ketika terlibat dalam pengumpulan berita untuk mendapatkan informasi yang sangat penting bagi publik.”

Trump juga menuduh keponakannya, Mary Trump, melanggar perjanjian kerahasiaan dengan bertindak sebagai sumber untuk laporan tersebut.

Hakim menolak argumen Trump bahwa seorang reporter NYT melanggar hukum dengan membujuk Mary Trump untuk "mencuri dokumen" yang dipegang oleh pengacaranya. Reed menyimpulkan bahwa Mary Trump adalah pemilik sah dari file tersebut dan bahwa pengacaranya memberikan izin untuk mengambilnya. 

Pengacara Trump Alina Habba mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa semua jurnalis “harus bertanggung jawab” atas pelanggaran hak sipil.

“The New York Times tidak berbeda dan reporternya jauh melampaui teknik pengumpulan berita konvensional yang diizinkan oleh Amandemen Pertama,” kata Habba.

Pengacara Mary Trump tidak segera menanggapi permintaan untuk tanggapan.

(bbn)

No more pages