Logo Bloomberg Technoz

Gugatan Trump kepada New York Times Ditolak

News
05 May 2023 06:00

New York Times (Sumber: Bloomberg)
New York Times (Sumber: Bloomberg)

Erik Larson - Bloomberg News

Bloomberg, Hakim menolak gugatan mantan presiden Amerika Serikaty (AS) Donald Trump senilai US$100 juta terhadap New York Times (NYT) dan reporternya yang telah membuat laporan soal pajaknya. Laporan itu mendapatkan penghargaan pada tahun 2018.

Hakim Agung Negara Bagian New York Robert Reed membatalkan kasus tersebut dalam putusan pada Rabu (03/04/2023), yang juga memerintahkan mantan presiden untuk membayar biaya pengacara dari media tersebut. 

“Pengadilan telah lama mengakui bahwa wartawan berhak untuk terlibat dalam kegiatan pengumpulan berita yang sah dan biasa tanpa takut akan gugatan – karena tindakan ini berada di ujung paling sudut yang dilindungi Amandemen Pertama,” kata Reed dalam putusannya.

Laporan NYT pada 2018, yang memenangkan Pulitzer Prize itu, merinci bagaimana bisnis real estat Trump mengklaim penilaian rendah yang mencurigakan atas properti untuk meminimalkan kewajiban pajak dan juga mengungkapkan bahwa warisannya dari ayahnya bernilai lebih dari US$400 juta, bertentangan dengan pernyataannya yang sering bahwa dia hanya menerima pinjaman sekitar US$ 1 juta.