Logo Bloomberg Technoz

Kasus juga meningkat di Vietnam, yang menerapkan kembali beberapa pembatasan era pandemi di kota-kota utama. Peraturan pemakaian masker dalam ruangan sejak akhir bulan lalu berlaku di ruang publik di ibu kota Hanoi, sementara pusat komersial Kota Ho Chi Minh telah memerintahkan masker untuk dipakai lagi di kampus  dan sekolah.

Menurut Kementerian Kesehatan Singapuran meningkatnya permintaan dari populasi tua untuk masuk ke bangsal rumah sakit, waktu tunggunya menjadi tujuh jam naik dari lima jam hanya dua minggu lalu menurut kementerian kesehatannya. 

Lonjakan terjadi karena sistem perawatan kesehatan di Asia Tenggara telah mengalami tekanan setelah bertahun-tahun pandemi, sehingga prospek sumber daya rumah sakit yang mendapat tekanan menjadi peringatan bagi para pejabat. Salah satu sumber tekanan terbesar adalah kekurangan staf medis, menyusul eksodus era Covid selama berjam-jam yang melelahkan dan gaji rendah. Negara-negara berkembang di kawasan ini, termasuk Filipina  pengekspor perawat terbesar di dunia  juga dirugikan dalam perang penawaran global untuk dokter, perawat, dan personel lainnya.

--Dengan asistensi dari Andreo Calonzo.

(bbn)

No more pages