Logo Bloomberg Technoz

Biaya Tambahan Tokopedia Jadi Langkah GOTO Kejar Profit

Whery Enggo Prayogi
04 May 2023 15:50

Chairman Tokopedia dan Eks CEO William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Chairman Tokopedia dan Eks CEO William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Munculnya tambahan biaya jasa aplikasi saat berbelanja di Tokopedia sebesar Rp3.000 per transaksi adalah konsekuensi logis dari komitmen manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) untuk memangkas segala biaya yang memperpanjang buruknya kinerja keuangan mereka.

Hingga kuartal I-2023 GOTO secara konsolidasi masih menghabiskan dana Rp2,6 triliun untuk insentif dan pemasaran, namun jumlah ini telah berkurang 39% dibandingkan periode yang sama 2022.

Hal ini mengingatkan kita pada nasihat bisnis seorang pengusaha nasional, Garibaldi Thohir atau Boy Thohir, bahwa inti dari berbisnis adalah meraih keuntungan.

Boy Thohir, yang akrab disapa merupakan Presiden Komisaris GOTO sekaligus tercatat memiliki 1,054 miliar saham perseroan. Tentu nasihat Boy Thohir menjadi ‘kitab’ baru GOTO, termasuk Tokopedia dalam berbisnis.

“Harus growth, market share, tapi fundamental harus bagus. Jadi kalau fundamental bagus kita ekspansi tidak tergantung dari investor, bisa dari cashflow sendiri,” ucap Boy Thohir dalam gelaran investment summit dengan Saratoga Investama sebagai penyelenggara di awal tahun 2023.