Logo Bloomberg Technoz

Kemendag: Indomie Bermasalah di Taiwan dari Distributor Tak Resmi

Sultan Ibnu Affan
04 May 2023 14:45

Ilustrasi Indomie Ayam Sepesial. (Dok. Indomie)
Ilustrasi Indomie Ayam Sepesial. (Dok. Indomie)

Bloomberg Technoz, Jakarta –  Kementerian Perdagangan memastikan produk Indomie Rasa Ayam Spesial yang diekspor ke Taiwan dan Malaysia telah sesuai dengan standar di kedua negara tersebut. 

Dalam kaitan itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi menyatakan produk Indomie yang ditarik di Taiwan lantaran dituding mengandung zat pemicu kanker bukan dari hasil impor distributor resmi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

"Jadi begini, sebetulnya itu kan ada, sama-sama Indomie-nya, ada yang melalui distributor resmi, ada yang diimpor individu-individu. Nah ini yang terjadi perbedaan. Kalau melalui distributor resmi itu dia sudah melalui penyesuaian yang diminta Taiwan. Kandungan-kandungan beberapa itu sudah sesuai, itu tidak ada masalah," kata Didi saat ditemui di Gedung Kemendag, Jakarta, Kamis (4/5/2023).

"Produk yang masalah itu yang diimpor oleh individu-individu, karena banyak orang Indonesia impor macam-macam. Salah satunya Indomie ini," sambungnya.

Didi menjelaskan memang setiap negara punya standardisasi masing-masing untuk produk makanan maupun minuman. Dengan demikian, negara yang akan mengekspor harus menyesuaikan dengan aturan tersebut.