Logo Bloomberg Technoz

Cetak Laba Rp 425 M di Kuartal I-2023, Ini Kinerja BTPN Syariah

03 May 2023 16:50

Ilustrasi Bank BTPN Syariah (Dok BTPN Syariah)
Ilustrasi Bank BTPN Syariah (Dok BTPN Syariah)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS) mencatatkan laba bersih setelah pajak (NPAT) mencapai Rp 425 miliar di kuartal I-2023 atau naik sekitar 3,3% dibandingkan pada kuartal I-2022 lalu.

Total Asset pada kuartal I-2023 tercatat Rp 22,1 triliun dan pembiayaan mencapai Rp 11,8 triliun tumbuh 11.1% (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu Rp 10,6 triliun. 

Pertumbuhan pembiayaan ini disertai dengan kualitas pembiayaan yang tetap sehat tercermin dari Non Performing Financing (NPF) dibawah ketentuan regulator. Bank juga tercatat masih memiliki rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) yang kuat di level 51.7%, jauh di atas ketentuan dan rata-rata industri bank syariah. Adapun, dana pihak ketiga (DPK) dijaga di level yang efisien pada Rp 12,8 triliun. 

BTPS terus membuka akses keuangan   dengan menghimpun dana dari segmen masyarakat sejahtera lalu menyalurkan sepenuhnya untuk pembiayaan masyarakat inklusi, yakni para perempuan yang menjadi pelaku ekonomi yang tangguh serta dapat membawa perubahan dalam keluarga dan lingkungan mereka. Umumnya, mereka belum tersentuh layanan keuangan profesional.  

Sebagai satu-satunya Bank umum syariah yang fokus melayani masyarakat inklusi, Bank membuka akses keuangan kepada mereka dengan melayani langsung ke sentra-sentra di pelosok Indonesia, dengan menempatkan para petugas lapangan (atau yang biasa disebut Community Officer).