Logo Bloomberg Technoz

Wamenkes Beberkan Penyebab Kenaikan Kasus Infeksi Covid-19 RI

Krizia Putri Kinanti
03 May 2023 16:50

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penambahan kasus infeksi Covid-19 di Indonesia kembali menunjukkan tren peningkatan dalam sepekan terakhir, meski begitu Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa kenaikan ini bukan dikarenakan mobilitas masyarakat yang tinggi.

“Lonjakan kasus bukan karena mobilitas tapi lonjakan kasus timbul karena varian baru, terjadi penularan antar individu. Bagaimana agar penularan antar individu dicegah? Menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan antar individu,” tuturnya pada saat diskusi daring Denpasar 12, Rabu (3/5/2023).

Menurut Dante, kasus baru yang saat ini sudah mulai ada di Indonesia adalah varian XBB 1.5 atau Kraken yang mempunyai efektifitas menurunkan antibodi orang yang sudah divaksinasi, varian ini muncul di Indonesia pada 24 April 2023.

Tes usap Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Tidak hanya itu, ada pula varian XBB 1.16 atau Arcturus yang ditemukan di Indonesia pada 10 maret 2023. Saat ini sudah ada 23 kasus di Indonesia.

“Varian Arcturus ini transmisinya lebih tinggi dibanding omicron tapi tingkat keparahan tidak berbeda dengan omicron. Varian ini mempunyai model imun escape atau indikasi menunjukkan dia bisa menularkan kepada orang-orang yang sudah dilakukan vaksinasi,” katanya.