Logo Bloomberg Technoz

Faktor Ini Picu Laba Bank BTPN Naik 7% di Kuartal I

Whery Enggo Prayogi
03 May 2023 18:30

Ilustrasi transaksi Bank BTPN (Dok BTPN.com)
Ilustrasi transaksi Bank BTPN (Dok BTPN.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank BTPN Tbk (BTPN) atau Bank BTPN menghasilkan laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada kuartal I-2023 sebesar Rp805 miliar, naik 7% dari posisi sebelumnya.

Pemulihan ekonomi nasional membawa dampak bagi perusahaan, dimana terjadi peningkatan pendapatan operasional sekitar 3%. Pendapatan bunga naik 26% dengan pendapatan operasional lainnya juga bertumbuh 4%. 

Pendapatan bunga hadir lewat meningkatnya kredit segmen korporasi dan pembiayaan syariah. Selain itu Bank BTPN melakukan efisiensi biaya kredit sekitar 4% per 31 Maret 2023.

Direktur Utama Bank BTPN Henoch Munandar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/5/2023) merinci terjadi kenaikan permintaan kredit, khususnya pada segmen  korporasi dan usaha kecil menengah masing-masing sebesar 7% dan 14%. Untuk pembiayaan syariah terjadi peningkatan 11% secara yoy.

Total kredit per 31 Maret milik Bank BTPN tercatat Rp149,9 triliun, naik 5%. Rasio likuiditas juga berada di level terjaga, tegas Henoch. Rasio gross non-performing loan (NPL) 1,38% pada akhir Maret. Angka ini turun dibanding sebelumnya, 1,4%.