Logo Bloomberg Technoz

Wall Street Terguncang Efek Anjloknya Saham Bank

News
03 May 2023 08:11

Bursa Amerika Serikat Wall Street (Dok Bloomberg)
Bursa Amerika Serikat Wall Street (Dok Bloomberg)

Rita Nazareth - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Amerika Serikat (AS) mengalami tekanan pada akhir perdagangan Selasa (2/5/2023) waktu setempat, setelah cukup stabil pada aktivitas Senin. Terjadi aksi jual dari pada lender regional AS. Hal ini memicu kecemasan lanjutan atas rapuhnya sistem keuangan.

Saham-saham di Wall Street mengalami penurunan. Investor mengalihkan uang mereka ke instrumen yang lebih aman. Bagi para trader kondisi ini telah ada di titik terburuk.

Pasar masih menanti keputusan Bank Sentral AS atau The Fed terkait ketetapan suku bunga. Volatilitas yang terjadi pada PacWest Bancorp dan Western Alliance Bancorp juga  jadi perhatian pelaku pasar. Saham keduanya turun 15%. S&P 500 menggendong beban risiko industri keuangan yang masih terjadi. Indeks ini terpangkas nyaris 2%.

Para hedge-fund memutuskan untuk menjual sebagian portofolio mereka di tengah kondisi pasar yang bearish pada perdagangan Selasa, hingga mendorong investor melakukan bertindak serupa meski awalnya telah bersiap mengakumulasi beli, menurut John Flood, partner dari Goldman Sachs Group Inc., dalam catatannya.