Logo Bloomberg Technoz

Rincian Biaya Tambahan Rp3.000 di Tokopedia

News
02 May 2023 21:00

CEO PT Tokopedia, William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)
CEO PT Tokopedia, William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Biaya tambahan Rp3.000 per transaksi di Tokopedia menjadi perbincangan hangat publik. Manajemen pun buka suara terkait hal ini.

Setidaknya, ada dua biaya transaksi yang ditanggung pengguna Tokopedia ketika bertransaksi. Pertama, biaya layanan sebesar Rp 1.000 per transaksi untuk setiap transaksi dengan metode pembayaran virtual account. Aturan ini berlaku sejak tahun lalu.

Kedua, biaya jasa aplikasi untuk setiap transaksi produk fisik dengan nominal Rp 0-Rp 1 juta dikenakan biaya jasa aplikasi Rp2.000, sedangkan transaksi di atas Rp 1 juta dikenakan biaya jasa aplikasi Rp 3.000.

“Biaya jasa aplikasi tidak berlaku untuk transaksi produk keuangan, produk digital, fitur beriklan TopAds, zakat dan donasi, kecuali transaksi pembulatan emas atau donasi dan pulsa yang disertakan dalam pembelian produk fisik,” ujar Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, Selasa (4/5/2023).

“Di sisi lain, meski kami tidak dapat menyampaikan rencana bisnis ke depan, yang dapat kami sampaikan adalah penyesuaian ini merupakan kebijakan perusahaan demi memberikan dampak positif secara jangka panjang.”