Logo Bloomberg Technoz

Keturunan Shinawatra itu dinominasikan sebagai salah satu dari tiga kandidat perdana menteri oleh partai oposisi utama Pheu Thai, yang diisi oleh politisi yang telah bekerja dengan Thaksin sejak kemenangan pertamanya pada tahun 2001. Survei opini secara konsisten menunjukkan bahwa Paetongtarn berada di antara tiga pilihan teratas untuk jabatan perdana menteri.

Thaksin, yang digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006 dan telah tinggal di luar negeri untuk menghindari hukuman penjara karena tuduhan korupsi, adalah sosok yang abadi dan mempolarisasi. Dia mengatakan kepada Kyodo News pada bulan Maret bahwa dia siap menjalani hukuman penjara di Thailand asalkan dia diizinkan untuk menghabiskan sisa hidupnya bersama keluarganya terlepas dari hasil pemilu.

Partai mantan perdana menteri dan sekutunya telah memenangkan kursi terbanyak pada setiap pemungutan suara nasional sejak tahun 2001 karena pengaruhnya atas masyarakat pedesaan, yang dimenangkannya dengan kampanye perawatan kesehatan yang murah dan harga panen yang terjamin. Thaksin telah mendukung anggota keluarga seperti saudara perempuannya, Yingluck Shinawatra, yang menjadi perdana menteri tetapi pemerintahannya juga digulingkan oleh para jenderal pada 2014.

(bbn)

No more pages