Logo Bloomberg Technoz

Momen Hari Buruh Nasional, Bursa Asia Menguat

News
01 May 2023 13:35

Ilustrasi aktivitas pekerja pada perdagangan bursa Asia. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi aktivitas pekerja pada perdagangan bursa Asia. (Dok Bloomberg)

Richard Henderson - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Asia mengalami penguatan di tengah banyaknya pasar yang libur dalam rangka peringatan May Day atau Hari Buruh Nasional 2023. Bursa Jepang dan Australia mengalami penguatan, di tengah terhentinya perdagangan di Hong Kong, China, Singapura dan Korea Selatan.

Penguatan mengekor yang yang terjadi di bursa berjangka Amerika Serikat (AS). Bursa Eropa juga mengalami libur demi peringatan Hari Buruh atau May Day. Bursa AS pada indeks S&P500 melonjak 0,8% dibandingkan posisi sebelumnya.

Pasar obligasi mengalami reli pada Jumat, dengan realisasi imbal hasil obligasi 10 tahun Australia dan Selandia Baru stagnan. Mata uang Yen terhadap the greenback dan dolar Australia terpantau mengaut.

Laju Bitcoin yang tengah reli sepanjang bulan April tiba-tiba berbalik arah kembali ke sebelum level US$30.000. Investor pekan ini fokus pada rilis suku bunga baru, dengan konsensus menyebut The Fed tetap menaikkan tingkat bunga 25 bps ke kisaran 5% hingga 5,25%. Angka ini belum pernah terjadi sepanjang sejarah sejak 2007.