Logo Bloomberg Technoz

Midea telah tertarik dengan Electrolux selama beberapa waktu dan hanya menginginkan kesepakatan yang bersahabat, menurut penjelasan sumber. Bukan cuma Midea, raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co., juga telah menjajaki bisnis bersama Electrolux, ungkap sumber yang sama.

Saham Electrolux yang berbasis di Stockholm, Swedia, melesat hampir 16% pada Jumat pekan lalu karena capaian kinerja pendapatan yang melampaui ekspektasi, mengantarkan kapitalisasi pasar perusahaan itu menjadi US$4,3 miliar. Adapun saham Midea naik 10% tahun ini dengan nilai US$58 miliar.

Kesepakatan itu akan menguji kemampuan perusahaan China melakukan akuisisi perusahaan asing di tengah peningkatan langkah-langkah proteksionis di Eropa dan Amerika, bahkan ketika mesin pencuci piring dan lemari es tidak dianggap sebagai risiko keamanan nasional.

Membeli Electrolux akan menambah daftar akuisisi luar negeri yang sebelumnya telah dilakukan oleh Midea. Perusahaan China, yang berbasis di Foshan di provinsi Guangdong, sebelumnya telah membeli saham pengendali di unit peralatan rumah tangga Toshiba Corp. pada 2016. Perusahaan tersebut juga mengakuisisi pembuat robot Jerman Kuka AG setahun kemudian, yang memicu kekhawatiran di pemerintah Jerman.

Ketua Midea Paul Fang mengisyaratkan minat akuisisi di Amerika dan Eropa pada 2017 setelah perusahaan tersebut berpartisipasi dalam penawaran untuk unit white goods, General Electric Co., yang dijual ke pesaing China, Haier Group. Arçelik Turki, yang melakukan kesepakatan Eropa dengan Whirlpool Corp. tahun ini, juga merupakan pesaing.

Midea dan Electrolux sebenarnya sudah memiliki beberapa kerja sama kemitraan, dan pada tahun 2018 mereka bersama-sama meluncurkan merek AEG, merek kelas atas di Tiongkok.

Juru bicara Electrolux menolak berkomentar, sementara perwakilan Midea dan Samsung tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar di luar jam kerja biasa.

Kunci dari kesepakatan apa pun adalah mendapatkan dukungan dari Investor AB keluarga miliarder Wallenberg, pemegang saham terbesar Electrolux. Ada spekulasi di bulan Februari tentang potensi ketertarikan Midea.

Electrolux sedang dalam proses memberhentikan 3.800 pekerja karena berusaha memangkas biaya dan membalikkan bisnisnya di Amerika Utara. Electrolux melaporkan capaian pendapatan kuartal pertama yang lebih baik dari yang diharapkan secara keseluruhan, tetapi masih menunjukkan kerugian bersih, dengan analis menunjuk arus kas negatif.

(bbn)

No more pages