Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes Soal Dokter Magang Dipukuli: Proses Hukum Harus Tuntas

Krizia Putri Kinanti
28 April 2023 11:56

Ilustrasi dokter. (Hannah McKay/Reuters/Bloomberg)
Ilustrasi dokter. (Hannah McKay/Reuters/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendampingi dua dokter korban tindak kekerasan yang menjalani masa magang di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pajar Bulan, Way Tenong, Lampung Barat, Lampung.

Hal ini dilakukan Kemenkes untuk memastikan mereka dalam kondisi aman dan siap memberikan kesaksian kepada kepolisian agar para pelaku mendapatkan hukuman yang sesuai dan juga memberi perlindungan hukum yang dibutuhkaan bagi kedua dokter.

"Kami ingin memastikan anak-anak kami dalam kondisi yang aman, sehat, & selamat. Kami juga harus memastikan proses hukum harus tuntas," Direktur Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Kesehatan dr. Zubaidah Elvia dikutip dari akun Twitter Kemenkes, Jumat (28/4/2023).

Elvia mengatakan Kemenkes sementara sudah memindahkan kedua dokter tersebut ke RSUD Lampung Barat, dan selanjutnya akan ditempatkan di Puskesmas Liwa selama proses penyidikan kasus ini berjalan karena Puskesmas tersebut lokasinya dekat dengan Polres Kabupaten Lampung Barat. Kabupaten ini berlokasi 5 jam jalan darat dari Bandar Lampung.

Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM meminta maaf atas terjadinya kasus kekerasan yang dilakukan pasien terhadap dokter magang. Pihaknya mendukung proses hukum yang sudah berjalan dan menyerahkan sepenuhnya penyelesaian permasalahan ini kepada aparat penegak hukum.