Logo Bloomberg Technoz

Saham UNTR 'Terjun’ 7% Pasca Cum Date Dividen, Cek Prospeknya

Whery Enggo Prayogi
28 April 2023 12:10

Karyawan PT United Tractors melihat-lihat dump truck di pabrik perusahaan di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg
Karyawan PT United Tractors melihat-lihat dump truck di pabrik perusahaan di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saham PT United Tractor Tbk (UNTR) langsung turun drastis pada awal perdagangan Jumat (28/4/2023) pagi, pasca melewati periode cum dividen, satu hari sebelumnya.

Saham UNTR di awal sesi 1 langsung minus 2.175 poin atau 7% ke posisi Rp28.900/saham. UNTR langsung terjebak Auto Reject Bawah (ARB), padahal pada perdagangan Kamis kemarin saham UNTR berada di level Rp31.075/saham.

Penurunan harga terjadi seketika di awal perdagangan jelang akhir pekan ini, dengan total transaksi sebanyak 662.000 lembar dengan nilai Rp19,14 miliar.

Sebagaimana diketahui, periode cum dividen atau cum date pada pasar reguler dan pasar negosiasi telah berakhir Kamis (27/4/2023). Hal ini memicu pelepasan saham UNTR oleh investor pada satu hari berselang. Cum date merupakan waktu terakhir bagi investor yang ingin membeli suatu saham, sekaligus berhak atas dividen atau bagi hasil suatu perusahaan.

Pembagian dividen atas perolehan laba UNTR tahun buku 2022 sebesar Rp25,4 triliun akan berlangsung pada 12 Mei, dengan posisi jadwal sebelumnya adalah penetapan daftar pemegang saham (DPS) yang berhak atas dividen tunai di 2 Mei. Sementara  ex dividen UNTR di pasar reguler dan negosiasi pada 28 April, dan ex dividen di pasar tunai 3 Mei. Untuk cum dividen di pasar tunai pada 2 Mei. 

Dok unitedtractors.com

Prospek Bisnis United Tractor