Logo Bloomberg Technoz

Polisi Terima Atribut ISIS Hingga Amunisi dari Eks MIT

Redaksi
28 October 2024 20:20

Atribut ISIS Diserahkan Eks Simpatisan MIT dan Masyarakat Poso (Dok. Humas Polri)
Atribut ISIS Diserahkan Eks Simpatisan MIT dan Masyarakat Poso (Dok. Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satuan Tugas Operasi Madago Raya Polri menerima penyerahan simbol-simbol terlarang berupa jaket dan bendera Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dari seorang mantan simpatisan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), berinisial AD, di Kelurahan Moengko Lama, Poso, Jumat (25/10/2024).

Berdasarkan data Polri, AD pernah bergabung dengan kelompok MIT dan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Poso pada 2016. 

“Kami mengapresiasi inisiatif warga yang proaktif untuk menyerahkan atribut ISIS dan amunisi. Langkah ini adalah bukti bahwa masyarakat semakin percaya kepada upaya kami dalam menciptakan keamanan dan kedamaian di kabupaten Poso,” kata Penanggung Jawab Kebijakan Operasi (PJKO) Kaops Madago Raya, Komisaris Besar Boy Samola dikutip dari laman Humas, Senin (28/10/2024).

Pada saat yang sama, seorang warga Lape, Poso Pesisir berinisial M menyerahkan 14 butir amunisi tajam kepada Bhabinkamtibmas. Dia mengklaim menemukan belasan amunisi tersebut saat membersihkan gudang mertuanya yang telah meninggal dunia.

Dalam kesempatannya AD menyampaikan rasa terima kasih kepada Satgas Operasi Madago Raya atas pembinaan dan bimbingan yang diterimanya. Menurutnya, bimbingan tersebut telah mendorong ia untuk melepaskan atribut yang sebelumnya menjadi simbol keterkaitannya dengan organisasi ekstrem.