Logo Bloomberg Technoz

Bela Bahlil, Kata Golkar Soal Tukar Kursi MPR dan Menteri

Redaksi
28 October 2024 19:40

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia. (Dok. Kementerian ESDM)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia. (Dok. Kementerian ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Dave Laksono membela pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia yang viral tentang ‘tukar guling’ kursi Ketua Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR) dengan kursi pejabat kabinet Merah Putih. 

Partai berlambang pohon beringin tersebut tercatat mendapat 12 kursi pada kabinet Presiden Prabowo Subianto Djojohadikusumo yang terdiri dari delapan kursi menteri, tiga kursi wakil menteri, dan satu kepala  badan.

Menurut Dave, perolehan kursi menteri tersebut adalah hasil lobi Bahlil sebagai ketua umum kepada Prabowo dan pimpinan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Pak Bahlil dengan kemampuan beliau melobi, berhasil meyakinkan para mitra-mitra koalisi dan khususnya Presiden untuk menempatkan kader-kader Golkar dengan jumlah yang cukup signifikan,” ujar Dave dikutip dari laman DPR, Senin (28/10/2024).

Sebelumnya, Bahlil Lahadalia mengungkapkan adanya proses negosiasi dan lobi-melobi antara partainya dan Gerindra terkait kursi Ketua MPR dan jatah kursi menteri di Kabinet Prabowo-Gibran. Dia mengklaim, awalnya Prabowo hanya ingin memberikan jatah lima kursi menteri kepada Partai Golkar.