Logo Bloomberg Technoz

Respons DPR Soal Prabowo Ingin Tuntaskan IKN pada 2028

Redaksi
28 October 2024 17:30

Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)
Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengatakan, Presiden Prabowo Subianto Djojohadikusumo memberikan instruksi kepada jajaran Kabinet Merah Putih untuk menyelesaikan pembangunan tahap awal Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam empat tahun atau hingga 2028. Hal ini disampaikan presiden saat memimpin retret kabinet di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Komisi II DPR Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, lembaga legislatif tersebut siap mendukung pemerintah dalam mengejar target pembangunan IKN Nusantara. Dia juga memastikan akan mendorong Komisi II untuk memberikan dukungan pengawasan, anggaran, dan legislasi proyek perpindahan ibu kota tersebut.

Dia pun meminta kepada Presiden Prabowo untuk segera menerbitkan peraturan presiden untuk pemindahan ibu kota.

“Dalam konteks legislasi, kami berharap Pak Prabowo segera kemudian mengeluarkan Peraturan Presiden (Keppres, red) yang merupakan turunan dari Undang-Undang IKN terkait dengan perpindahan Ibu Kota kita secara resmi dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara,” kata Rifqinizamy dikutip, Senin (28/10/2024).

Dalam konteks penganggaran, Komisi II berharap Badan Otorita IKN yang merupakan mitra kerja Komisi II diberikan kewenangan yang lebih. Yaitu, bukan hanya terkait dengan pengelolaan IKN tetapi juga dalam konteks pembangunan dan penataan infrastruktur.