Logo Bloomberg Technoz

Presiden Prabowo Janji Selamatkan Sritex, Opsi Bailout Terbuka

Dovana Hasiana
28 October 2024 17:20

Sejarah Sritex: Dari Pasar Klewer ke Raksasa Tekstil, Lalu Pailit (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Sejarah Sritex: Dari Pasar Klewer ke Raksasa Tekstil, Lalu Pailit (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perindustrian mengatakan pemerintah bakal melakukan pertemuan lanjutan untuk membahas skema yang disiapkan untuk menyelamatkan PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau Sritex.

Adapun, pernyataan itu dilontarkan usai manajemen Sritex melalui Komisaris Utama Sritex Iwan Setiawan Lukminto usai bertemu Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada hari ini, Senin (28/10/2024).

Plt Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi & Tekstil Kemenperin Reni Yanita membuka peluang pemerintah memberikan insentif kepada Sritex berupa dana talangan atau bailout.

Namun, skema insentif tersebut juga harus disusun bersama tiga kementerian lainnya, yakni Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

“Ya seperti itu [pemberian insentif atau dana talangan], nanti lihat model yang disusun. Kalau tadi sih kita ada pertemuan lanjutan yang lebih detail kepada skema-skema apa nih yang diusulkan ke pemerintah, dalam hal ini mungkin ke Kementerian Keuangan ya karena kan ada empat menteri kan, ada Kementerian BUMN juga. Nah untuk menyusun itu kan kita juga harus konsolidasi kalau bahasanya kan seperti itu,” ujar Reny saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (28/10/2024).