Logo Bloomberg Technoz

YouTuber Bobol Akses Wallet Bitcoin Pengguna yang Lupa Kata Sandi

Redaksi
28 October 2024 16:00

Ilustrasi serangan siber oleh hacker dengan menyusup melalui laptop.	(Dok: Bloomberg)
Ilustrasi serangan siber oleh hacker dengan menyusup melalui laptop. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Seorang YouTuber membobol kata sandi atau meretas password sebuah dompet digital yang telah terkunci sejak 2013. Adalah Joe Grand, seorang hacker yang diminta bantuan oleh pemilik anonim wallet Bitcoin berisi 43,6 BTC yang kini bernilai US$3 juta (sekitar Rp46,5 miliar).

Joe Grand dua tahun lalu dikabarkan sempat menolak permintaan untuk membongkar enkripsi wallet di komputer pengguna dengan nama samaran “Michael”, dilansir dari Wired, Senin (28/10/2024).

Kata sandi yang dibuat “Michael” yang tinggal di Eropa (tidak bersedia diungkap identitasnya) mengguna platform generator kata sandi acak bernama RoboForm.

Michael bermaksud mendapatkan password yang rumit demi melindungi aset digitalnya secara optimal. Pemilik wallet ini juga menyimpan kata sandi tersebut dalam sebuah file yang dienkripsi dengan alat yang disebut TrueCrypt.

Namun seiring waktu justru dia lupa atas kata sandi 20 karakter yang dibuatnya tersebut. Alhasil kunci satu-satunya aset BTC dimana saat itu memiliki nilai US$5.300, nyaris hilang selamanya.