Logo Bloomberg Technoz

Estimasi produksi per kuartal, “seluruhnya turun secara year on year/yoy yaitu 84 juta unit, 48 juta unit, dan 41 juta unit pada kuartal IV-2023, kuartal I-2024, dan kuartal II-2024,”

Ming-Chi Kuo, yang merupakan analis dari TF Securities, dalam unggahan di media sosial X, bulan Oktober menyatakan  Apple telah menjual 37 juta iPhone 16 namun turun 13% dibandingkan seri sebelumnya tahun 2023. Tanda lainnya adalah karyawan Apple Inc mendapat kesempatan memiliki iPhone 16 dengan harga diskon.

Ini menjadi cerminan bahwa perangkat yang paling diandalkan dari sisi penjualan bahwa permintaannya ada di bawah ekspektasi.

iPhone 16 juga belum masuk pasar Indonesia karena pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian menagih komitmen investasi  yang diketahui masing  kurang Rp240 miliar. Menperin Agus Gumiwang menegaskan, "kalau ada iPhone 16 yang bisa beroperasi di Indonesia, artinya itu boleh saya sampaikan ilegal."

Bagaimana dampaknya ke pendapatan perusahaan?

Hasil dari survei industri ini, lanjut Ming-Chi Kuo, tidak sepenuhnya menggambarkan pendapatan perangkat iPhone pada periode yang sama, kuartal IV-2024. Pasalnya terjadi kesenjangan pada angka produksi dan penjualan Apple pada kuartal-IV tahun lalu yang lebih besar ketimbang kuartal IV-2024.

Ming-Chi Kuo juga menilai pada periode tiga bulan terakhir tahun ini bauran produk lebih menguntungkan karena terjadi kenaikan produksi sepanjang bulan September hingga Oktober untuk model Pro Max.

“Namun, pendapatan iPhone diperkirakan akan berada di bawah tekanan pada semester I-2025 karena penurunan pengiriman yoy dan bauran produk yang kurang menguntungkan karena peluncuran iPhone SE4,” tulis dia.

(fik/wep)

No more pages