Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Ternyata Sudah 'Gembleng' Para Menteri Sejak 6 Bulan Lalu

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 October 2024 13:30

Hambalang Retreat (Dok. Istimewa)
Hambalang Retreat (Dok. Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Anggito Abimanyu mengungkapkan Presiden Prabowo Subianto sebenarnya sudah memberi pembekalan kepada dirinya dan sejumlah tokoh yang tergabung dalam ‘tim inti’ sejak 6 bulan sebelum pelantikan.

“Nah sebetulnya model-model retret seperti itu sudah dilakukan oleh Presiden Terpilih waktu itu. Jadi saya 6 bulan itu sudah di grooming [dibentuk] sama beliau,” kata Anggito dalam Orasi Ilmiah di Rapat Terbuka Senat Sekolah Vokasi UGM 2024, Senin (28/10/2024).

Ia mengatakan terdapat tim inti yang diberikan pembekalan oleh Prabowo sejak 6 bulan sebelum pelantikan Kabinet Merah Putih yang terdiri atas akademisi perguruan tinggi ternama hingga lulusan akademi militer.

Anggito menyebut beberapa anggota dari tim inti tersebut yakni Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi, Direktur PT Pindad Sigit Puji Santosa, hingga Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi Satryo Brodjonegoro.

“Dulu di Hambalang, saya 2-3 hari di Hambalang cari pembicara-pembicara top dunia. Ini kelompok kecil, umumnya masih di luar kabinet semua,” tutur Anggito.