Logo Bloomberg Technoz

Sejarah Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan Tokoh di Baliknya

Referensi
28 October 2024 12:07

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2024 (Youtube Kemendikbud RI)
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2024 (Youtube Kemendikbud RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini, Senin (28/10/2024), bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96 dengan tema Maju Bersama Indonesia Raya. 

Peringatan ini menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan pemuda Indonesia yang telah menanamkan semangat patriotisme serta menyatukan visi kebangsaan. 

Setiap tahun, peringatan ini mengajak kita untuk refleksi dan berkomitmen melanjutkan perjuangan para pemuda dalam membangun bangsa.

Makna Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tidak hanya sekadar merayakan sejarah, tetapi juga mengingatkan kita pada jati diri bangsa Indonesia yang terdiri dari:

  1. Bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia.

  2. Berbangsa satu, Bangsa Indonesia.

  3. Menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Tema tahun ini, Maju Bersama Indonesia Raya, mengandung pesan penting bahwa kemajuan bangsa harus dilakukan secara kolektif oleh semua elemen masyarakat. Hanya dengan bersinergi, kita dapat membawa Indonesia menjadi negara yang berperan besar dalam kancah internasional.

Sejarah Sumpah Pemuda

Paskibra melakukan upacara pengibaran bendera di Bundaran Hotel Indonesia (HI),Jakarta, Kamis (15/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)